Pasar Bisnis Indonesia

Mencari Penghasilan Tambahan?

0

Walaupun seseorang sudah memiliki sumber penghasilan (baik tetap maupun tidak tetap), sebagian dari mereka ternyata masih membutuhkan dan mencari yang namanya sumber penghasilan lain yang ingin ia dapatkan tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang sekarang. Keinginan ini terutama dirasakan oleh hampir semua karyawan, terutama mereka yang menduduki jabatan menengah ke bawah. Hal ini biasanya dipicu oleh kecilnya penghasilan yang mereka peroleh dibandingkan dengan pengeluaran yang mesti mereka keluarkan/biayai.

Yuk, mulai mencari penghasilan tambahanHanya saja jangan sampai dalam menggeluti pekerjaan dan profesi diluar dari pekerjaan utama tersebut yang tujuannya untuk memperoleh penghasilan tambahan sampai harus mengabaikan pekerjaan utama Anda. Tapi jangan juga karena biasanya sifat pekerjaan sampingan, Anda juga tidak serius melakukannya (alias asal-asalan). Semua mesti dilakukan secara profesional, dan kunci dari semuanya adalah “Anda mesti bisa mengatur waktu” Anda.

Pekerjaan untuk mencari penghasilan tambahan ini seringkali justru bisa berubah menjadi pekerjaan utama seseorang jika sudah berkembang dengan baik. Jadi lakukan dan kelola dengan serius, karena bisa jadi kerjaan sampingan tersebut bisa menggantikan pekerjaan utama Anda.

Namun terkadang untuk memulai sebuah kerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan dalam bentuk aktive income ataukah pasif income misalnya, tidaklah terlalu mudah. Seseorang biasanya mesti memikirkan dan mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya:

  1. Modal Usaha
    Ini yang biasanya pertama dipikirkan oleh mereka yang ingin mencari penghasilan tambahan karena sangat berkaitan dengan terbatasnya kemampuan keuangannya. Agar supaya Anda bisa langsung memulai dan tidak terlalu lama ber-putar dimasalah ini, maka pilihlah sumber penghasilan tambahan yang modal awal untuk memulainya masih bisa/mampu Anda sediakan.
      
  2. Tempat Usaha
    Kendala berikutnya adalah tempat atau lokasi usaha karena pada waktu yang bersamaan Anda sudah memiliki kantor tempat pekerjaan utama. Maka pilihlah bisnis yang tempat/lokasi usahanya fleksibel.
      
  3. Masalah Waktu
    Masalah waktu ternyata juga menjadi kendala. Hal ini karena mereka yang sudah bekerja disebuah perusahaan biasanya sudah memiliki jadual pekerjaan yang tetap. Maka pilihlah jenis usaha yang bisa Anda jalankan diluar dari waktu pekerjaan tetap Anda, atau diluar waktu-waktu yang tidak produktif Anda.
     
  4. Masalah Keahlian
    Bagi yang memiliki keahlian khusus dan unik rasanya tidak akan terlalu sulit untuk mulai menjalankan sebuah bisnis sampingan. Tapi bagi yang tidak memiliki keahlian tertentu atau keahliannya mungkin sudah terlalu umum, biasanya menjadi hal yang menjadi kendala untuk memulai sebuah usaha. Bagi yang memiliki kendala dari sisi keahlian ini, maka Anda bisa memilih bisnis yang tidak terlalu menuntut adanya keahlian tertentu.

Selain untuk menjalankan usaha yang bisa memberikan Anda penghasilan tambahan, hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah diri Anda sendiri. Yah, Anda harus bisa mengembangkan diri menjadi seorang yang tahan banting, tahu cara berkomunikasi, menjalin networking, dsb.

Untuk mengembangkan pribadi Anda, maka Anda bisa belajar dari buku-buku pengembangan diri, membaca buku kisah orang-orang sukses. Hal ini diperlukan untuk memperkuat mental Anda karena mau tidak mau dan suka atau tidak suka, Anda kemungkinan besar akan menghadapi berbagai kendala saat mencari penghasilan tambahan dari bisnis sampingan Anda tersebut.

September 5, 2013 |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

@2010 Pasar Bisnis Indonesia       Powered By WordPress       Theme By Acep Sudrazat