Pasar Bisnis Indonesia

Ide Bisnis Kos-Kosan Dari Pelawak Tarsan

0

Prinsip yang dipegang oleh tarsan yang memiliki nama asli Toto Muryadi itu adalah “manfaatkan masa jayamu, sebelum masa surammu datang”. Itulah yang menjadikan dia kemudian mempersiapkan bekal kalau-kalau ia sudah tidak laku lagi didunia hiburan. Ia kemudian membuka bisnis kos-kosan yang ia beri nama “wisma galuh” didekat kediamannya di wilayah kampung makassar – jakarta timur.

Waktu pertama kali memulai ide bisnis kos-kosan ini, luas bangunan baru sekitar 185 meter. Kemudian dia menambah dibahagian belakang 100 meter, kanan rumah 150 meter, kiri rumah sekitar 200 meter, dan seterusnya. Begitu ada uang, dia langsung membangun, dan jika lagi tidak memiliki uang dia berhenti dulu untuk membangun.

Pelawak TarsanIde bisnis yang satu ini memang termasuk bisnis yang sangat menjanjikan terutama dikota-kota besar seperti bandung, makassar, jakarta, serta kota-kota besar lainnya. Kebutuhan ini sesuai dengan jumlah penduduk yang berdatangan di kota-kota besar tersebut untuk bekerja maupun untuk kuliah, sehingga permintaan akan tempat tinggal juga terus ada dan bahkan terus meningkat.

Saat ini selain memiliki bisnis kos-kosan tersebut, tarsan juga sudah membeli dua buah villa didaerah puncak dan ia beri nama “Villa Galuh2” dan “Villa Galuh3”, dan juga membuka ide bisnis kos-kosan nya dimalang, serupa dengan yang di Jakarta tersebut.

Jadi diluar penghasilan yang ia peroleh sebagai bintang iklan dan acara hiburan di TV, tarsan mengaku uang makan bulanan untuk keluarganya dapat tercukupi dari hasil ide bisnis sewa rumah dan villa nya tersebut.

Jika anda tertarik untuk memulai dan menjalankan bisnis kos-kosan seperti tarsan, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menjalankan ide bisnis ini, beberapa diantaranya adalah sbb.:

  1. Penetapan Harga Sewa
    Dalam menetapkan harga sewa sebaiknya sesuaikan dengan lokasi serta fasilitas yang tersedia. Biasanya sih jika lokasinya makin dekat dengan kampus atau kantor harga sewa-nya juga makin mahal. Dan semakin lengkap fasilitas yang anda sediakan, maka harga-nya juga lebih mahal.
  2. Tentukan Lokasi Kos-Kosan
    Pada pemilihan lokasi ini tergantung pasar yang Anda targetkan. Jika mengincar mahasiswa misalnya, maka lebih baik memilih lokasi disekitar kampus mereka. Sementara jika yang ingin menarget para karyawan, maka sebaiknya pilihlah lokasi yang dekat dengan perkantoran mereka.
  3. Ketersediaan Fasilitas Yang Sesuai
    Sesuaikanlah fasilitas yang anda sediakan dengan target pasar Anda. Misalnya jika Anda menarget para karyawan, maka mungkin Anda bisa menyediakan fasilitas AC. Sementara jika Anda menarget pasar mahasiswa, maka mungkin anda perlu menyediakan tempat belajar buat mereka.
  4. Ciptakan kenyamanan, keamanan dan kebersihan
    Supaya kos-kosan Anda bisa lebih unggul atau menjadi paforit, maka anda harus membuat pembeda dari tempat-tempat kos lainnya seperti menawarkan fasilitas keamanan, kenyamanan dan kebersihan. hal ini tentunya akan menjadi faktor penentu dan pembeda, serta memberikan nilai tambah pada kos-kosan Anda.
  5. Kemudahan Terjangkau Transportasi
    Dalam usaha mendirikan bisnis kos-kosan ini, juga Anda harus memperhatikan apakah ada transportasi umum disekitar kos-kosan Anda tersebut dan apakah kendaraan seperti mobil atau motor bisa masuk ke area kos-kosan Anda. Kemudahan menjangkau transportasi dan ketersediaan area untuk bisa dimasuki kendaraan menjadi salahsatu penentu kesuksesan di bisnis ini.

Setelah tempat kos-kosan Anda sudah tersedia, maka selain kelima faktor diatas yang perlu anda pertimbangkan, penyeleksian penghuni kos dan pembuatan tata tertib juga sebaiknya anda perhatikan. Hal ini akan sangat berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak anda inginkan dikemudian hari.

Demikianlah salahsatu contoh ide bisnis lainnya yang datang dari para selebriti indonesia dan bisa menjadi salahsatu inspirasi untuk memulai usaha atau bisnis sendiri seperti yang dilakukan oleh tarsan dengan bisnis kos-kosan-nya ini. Bisnis kos-kosan termasuk kebutuhan pokok para pendatang dan tidak ada salahnya jika Anda ingin menggarap bisnis ini seperti apa yang dilakukan oleh tarsan diatas.

September 10, 2013 |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>